Padang, anta-news.
Wujudkan Program Ketahanan Pangan Nasional Presiden RI Joko Widodo, PT. Sorgum Indonesia  Grup bersama Kepala Cabang Sorgum Indonesia Grup Sumbar dan Riau beserta pengurus bersilaturahmi dengan Komandan Lanud Sultan Sjahrir Kolonel Nav Saeful Rakhmat.

Hal ini diungkapkan oleh Presiden Sorgum Indonesia H. Mohd Sultan Caniago bersama Willy Fidyanto. SE, Kamis (29/9).


Silaturrahmi dengan Kolonel Nav Saeful Rakhmat Komandan Lanud Sultan Sjahrir, beliau menyambut baik Silaturrahmi yang dilakukan hari ini.

Sultan Caniago menyebut  silaturrahmi tersebut guna untuk melakukan penanaman Sorgum di Wilayah Sumbar dan sekitarnya. untuk

Program Ketahanan Pangan yang dicanangkan Presiden Jokowi untuk mengantisipasi gejolak yang sedang berlangsung di beberapa negara. Terlebih Wamentan Harvick  Hasnul Qolbi sebagai Bapak Sorgun Indonesia yang sudah beberapa kali ikut  perdana terakhir bersama KASAL dan jajarannya melakukan penanaman baik secara langsung maupun zoom di seluruh Indonesia dan mendapatkan Rekor Muri, ini perlu diapresiasi oleh Instansi Vertikal terhadap kegiatan tersebut, apalagi setelah beberapa hari lalu antara Panglima TNI dengan Kementrian Pertanian Republik Indonesia melakukan MoU dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, pakan dan energi nasional dalam peningkatan taraf hidup petani dan masyarakat, imbuhnya.


Sementara itu Willy Fidyanto mengatakan hampir seluruh bagian tanaman sorgum, seperti biji, tangkai biji, daun, batang dan akar, dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Mulai menjadi makanan seperti sirup, gula, kerajinan tangan, pati, biomas, bioetanol dan tepung penganti terigu dan lainnya.

Menurutnya, yang menarik dari sorgum adalah tidak ada kandungan gluten. Sorgum kaya kandungan niasin, thiamin, vitamin B6, juga zat besi, dan mangan ini patut dikembangkan sebagai pangan alternatif yang menyehatkan.

Dan budidaya sorgum ini sangat cocok untuk dikembangkan di Propinsi Sumatera Barat, demikian akhir Willy. (***)

 
Top