Mochammad Dian Al-Ma’ruf, S.Si, ST, MT, saat pisah sambut dengan DR. Dian Kamila

Padang, antanews.
Berdasarkan pengamatan kita pada tahun anggaran 2022 lalu sejumlah kegiatan di BWSS V berlanjut pada masa denda, demikian sebut Budiman salah seorang pengamat jasa konstruksi.

Kondisi ini mungkin saja disebabkan proses lelang yang terlambat  dan pengaruh curah hujan yang sangat tinggi pada masa pelaksanaan.

Atau bisa saja disebabkan oleh proses verifikasi terhadap "kemampuan" perusahaan pelaksana yang kurang akurat dari kelompok kerja di BP2JK.

Plus minus harga penawaran yang terlalu "nekat" dari rekanan, hingga berdampak kepada tahapan pelaksanaan kegiatan.

Budi mengatakan, bahwa ia berharap BP2JK Sumbar dapat bekerja baik dengan berpegang teguh kepada prinsip kewajaran harga.

Terkait antisipasi pada tahun 2023 ini, Kepala BWSS V Padang, mengatakan, tetap melakukan  koordinasi terkait pelelangan.

Mochammad Dian Al-Ma’ruf, S.Si, ST, MT, mengatakan, kemudian akan dilakukan  pengecekan alat dan personil yang diusulkan oleh pemenang lelang sebelum penandatanganan kontrak dan atau sebelum terbitnya SPMK.

Untuk mengoptimalkan kualitas pekerjaan, Kepala BWSS V Padang ini, mengatakan,"diharapkan semua sudah  siap sebelum pekerjaan dimulai.

Komitmen Kepala BWSS V ini tampaknya sejalan dengan arahan Menteri PUPR DR. Ir. M Basuki Hadimuljono, M.Sc.

Sebelumnya Menteri PUPR menyampaikan bahwa Peran Kementerian PUPR terutama Ditjen SDA adalah menjadi penanggungjawab pengelolaan SDA di Indonesia. Menteri PUPR menyampaikan melalui tanggungjawab tersebut ada 3 (tiga) Peranan besar Kepala Balai dalam melakukan pengelolaan SDA.

Pertama, sebagai Water Manager. Kepala Balai harus tahu betul bagaimana management sistem tata kelola air. Kedua, kepala balai berperan sebagai Construction Manager yang bertugas mengawasi dan menegur bila terjadi suatu hal yang tidak sesuai pada pekerjaan. Ketiga, Kepala Balai berperan sebagai Human Resources Manager. Menteri Basuki berpesan agar menggunakan Konsultan Individual yang expert dibidangnya untuk hasil terbaik. Ia juga menegaskan, pekerjaan dilingkungan kementerian PUPR haruslah menjaga kualitas, estetika, dan memperhatikan keberlanjutan lingkungan.

 
Top