Wakapolres Solok Selatan Kompol Yonnis Fendri SH, hadiri Penanaman Sorgum Perdana

Solok Selatan, antanews.
Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menyambut baik program ketahanan pangan yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Hari ini Rabu (2/11) telah dilakukan penanaman perdana Sorgum di Kabupaten Solok Selatan yang difasilitasi Dinas Pertanian Kabupaten Solok Selatan.

Bersama dengan petani, Dinas Pertanian Kabupaten Solok Selatan melakukan penanaman Sorgum di atas lahan seluas 2 Ha dan ditarget selesai hari ini.


Dalam sambutannya H. Khairunas Bupati Solok Selatan mengatakan semoga kerja sama penanaman sorgum  di Solok Selatan apat membantu kehidupan petani.

Bupati mengatakan bahwa sangat diharapkan seluruh petani, penyuluh dan dinas pertanian serius menangani program ketahanan pangan nasional ini.

Bupati Khairunas menginstruksikan kepada jajaran dinas pertanian untuk melakukan pembinaan kepada petani Sorgum.

Sementara itu Presiden Direktur Sorgum Indonesia Grup (Mohd Hendri Sultan Chaniago) mengatakan, diharapkan penanaman perdana Sorgum ini menjadi motivasi bagi petani di Solok Selatan untuk memanfaatkan lahan-lahan yang selama ini tidak tergarap.

Mohd Hendri mengatakan bahwa sorgum ini tanaman yang sangat unik dan cocok dikembangkan di Sumatera Barat.

Sorgum dalam satu kali tanam bisa dipanen sampai tiga kali, sangat berbeda dengan jagung atau padi.

Jagung atau padi hanya bisa satu kali panen pada satu kali tanam, sementara Sorgum dapat menghasilkan tiga kali panen atau lebih dalam satu kali tanam sebut Sultan Chaniago.

Dengan demikian hanya dibutuhkan  satu kali biaya produksi (biaya tanam) sementara panennya bisa tiga kali atau lebih, batang dan biji  sorgum memiliki nilai ekonomis demikian sebut Sultan Chaniago.

Untuk mengembangkan Sorgum dengan optimal dibutuhkan perhatian dari pemerintah, kita bangga dengan apa yang telah dibuktikan oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan.

Spirit yang telah ditunjukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan, dipastikan akan memotivasi petani untuk menggarap lahan tidur menjadi produktif.

Respon cepat Bupati Khairunas akan diyakini akan menjadi semangat bagi petani untuk mewujudkan program ketahanan pangan nasional ini.

Pada kesempatan penanaman perdana Sorgum ini, Presiden Direktur Sorgum Indonesia Grup Moh Hendri Sultan Chaniago juga menyempatkan memasak  makanan khas Sumatera Barat bersama petani dan jajaran Dinas Pertanian Solok Selatan.

Moh Hendri Sultan Chaniago terlihat sangat menikmati suasana memasak Gulai Kambing bersama petani dan  jajaran dinas pertanian.

Sementara itu Willy Fidyanto SE (Kepala Cabang Sorgum Indonesia Grup) Sumatera Barat, mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi melalui pemerintah kabupaten/kota se Sumatera Barat.

Mudah-mudahan pemerintah kabupaten/kota lainnya segera memiliki  waktu luang untuk saling mendukung program ketahanan nasional Presiden Joko Widodo ini, harap Willy.

Tampak hadir pada Penanaman Perdana Sorgum ini Wakapolres Solok Selatan Kompol Yonnis Fendri SH. (***)

 
Top