Pekanbaru, antanews. Ratusan Umat Buddha di kawasan RT 07 RW 06 Kelurahan Tanjung Rhu dan sekitarnya, Terlihat ikut merayakan dan mensyukuri peringatan HUT Dewi Kwan Im  yang diisi dengan acara pertunjukan Barongsai.

Kegiatan diawali dengan melaksanakan ibadah ritual sembahyang bersama, agar selalu diberikan berkah kesehatan, keselamatan, kedamaian, umur panjang dan kesejahteraan bagi pemeluknya. 

Selanjutnya, acara yang terbuka untuk umum ini, menggelar pertunjukan Barongsai dari Vihara Surya Dharma Angkasa.


Keng Cu Wati didampingi jajaran pengurus TITD Mulia Sejati Helen dan Merry, pada Sabtu malam 16 Juni 2022 di lokasi acara menyebutkan, peringatan HUT Dewi Kwan Im rutin dilaksanakan setiap tahunnya, bahkan digelar tiga kali dalam setahun di TITD Mulia Sejati ini 

Dikatakan, segenap umat Buddha sangat menghormati Dewi Kwan Im yang merupakan salah satu Bodhisatva Maha Pengasih dan Penyayang, sehingga tidak mengherankan hampir semua lapisan masyarakat Tionghoa mengenal dan memujanya.

“Dewi Kwan Im adalah Dewi Kasih Sayang yang selalu menjulurkan tangannya untuk menyebarkan kasih sayang dan pertolongan kepada semua makhluk, terutama yang sedang menderita, sehingga dalam acara memperingati hari kelahiran Dewi Kwan Im, para umat berharap agar diberi kesehatan, keselamatan, perlindungan, dan berkah oleh Dewi Kwan Im,” ujar Keng Cu Wati.

Masih kata Keng Cu Wati, Pihaknya mengucapkan terima kasih yang setulusnya kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan perhatian dan bantuan atas terlaksananya kegiatan ini.

"TITD Mulia Sejati ini telah berdiri disini di jalan Lokomotif Perumahan Jondul Baru Blok L No 25," ujarnya.

Sementara, Nata Hedy Nyo SE MH tamu  undangan dari TITD Giok Ong Tian Co Pekanbaru yang hadir bersama rombongan pada HUT Dewi Kwan Im ini menyebutkan, Atraksi Barongsai yang ditampilkan malam itu memberikan pesan moral selain hiburan kepada setiap umat yang hadir. 

Terlihat sejumlah umat memberi angpao kepada Singa Barongsai sebagai ungkapan suka cita dalam Perayaan ini.

Dalam perayaan HUT Dewi Kwan Im, di TITD Mulia Sejati ini terlihat hadir Pembimas Buddha Riau Tarjoko SPd MM, Ketua Perhimpunan Tempat Ibadah Tridharma Indonesia Komisariat Daerah Provinsi Riau Mariya, Ketua Vihara Samdup Cho Khorling Johanes Lim, Ketua TITD Cetiya Darma Jaya Acai, Ketua bersama Wakil RT 07 RW 06

Kelurahan Tanjung Rhu, Rudi dan Asmar serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Ketua Perhimpunan Tempat Ibadah Tridharma Indonesia Komisariat Daerah Provinsi Riau Mariya, kepada VisiIndonesia.com mengatakan,  TITD Mulia Sejati yang menggelar acara HUT Dewi Kwan Im sangat ramai.

"Kami berharap dalam memperingati HUT Dewi Kwan Im ini semua umat memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada Dewi Kwan Im agar kita semua hidup selamat, aman, sehat dan sentosa," harap Mariya.

Ketua RT 07 RW 06 Kelurahan Tanjung Rhu Rudi, melalui wakilnya Asmar menyebutkan pihaknya sangat mendukung kegiatan ritual keagamaan ini.

"Ini merupakan kegiatan ritual agama, dan acara ini setiap tahun dilaksanakan di perumahan Jondul Baru ini," kata Asmar.

Dalam Perayaan HUT Dewi Kwan Im ini, TITD Mulia Sejati juga mengadakan ritual pengobatan alternatif kepada para warga. **Ferry Anthony

 
Top