Siak, antanews
. Dalam mensukseskan Vaksinasi Massal Program 7 juta warga Perkebunan dan Desa-desa Produktif yang diberikan secara gratis untuk rakyat, yang diprakarsai oleh Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi juga sebagai Ketum Projo, sesuai instruksi dari Presiden RI Joko Widodo. 


Atas kerjasama Projo Riau, Gapki Riau dan Korem 031/Wira Bima, rencana memberikan suntikkan sebanyak  5000 Dosis Vaksin untuk Masyarakat Suku Sakai dan Warga Perkebunan dan desa-desa produktif yang dipusatkan di Club House PT. Ivomas Sei Rokan Estate, Desa Sam-Sam Kecamatan  Kandis Kabupaten Siak Riau, Sabtu, dan Minggu 13 -14  November 2021.

Kegiatan Vaksinasi Covid-19 ini dihadiri langsung Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI M. Syech Ismed, SE, M. Han, Wakil Bupati Siak Husni Merza, Ketua DPD Projo Provinsi Riau Sonny Silaban ST, Sekertaris Projo Riau Nata Hedy Nyo, S.E. M.H, Sekretaris GAPKI Riau Ketut Sukarwa bersama jajaran Pengurus  Gapki Riau, para pimpinan PT. Ivomas Tunggal, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf. Endik Yunia Hermanto, Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto, Ketua Yayasan Sakai, Kapolsek, Danramil, dan tamu undangan lainnya.

Melihat antusiasme masyarakat dalam mengikuti vaksin, Danrem 031/WB Brigjen TNI M. Syech Ismed, SE, M. Han meyakini Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Siak akan tercapai berada pada level I dalam hal penanganan penyebaran wabah Covid-19.

“Saat ini saya melihat langsung animo masyarakat sangat tinggi untuk mendapatkan vaksin, begitu juga di daerah wilayah lainnya", sebut Danrem.

"Akan tetapi permasalahan kondisi ketersediaan stok vaksin yang terbatas, namun kami akan tetap berupaya mencukupi kebutuhan masyarakat untuk mencapai kekebalan Komunal atau Herd Immunity,” ujar Brigjen TNI M. Syech Ismed.

Pemerintah Kabupaten Siak sangat mengapresiasi kolaborasi Korem 031/WB bersama Projo Riau dan Gapki Riau dalam memberikan dan memfasilitasi kegiatan Vaksinasi Covid-19 secara gratis kepada masyarakat khususnya Masyarakat Suku Sakai dan Warga Perkebunan dan Desa desa produktif di Kabupaten Siak.

“Vaksinasi ini sangat kami butuhkan, karena persentase pencapai vaksin sangat rendah. Sebagaimana kita telah sampaikan bahwa target pemberian vaksinasi sebanyak 344.000 jiwa, namun saat ini pencapaiannya masih diangka 39 persen,” sebut Wakil Bupati Siak.

Ketua DPD Projo Riau Sonny Silaban ST di lokasi acara Vaksinasi Massal ini mengatakan, Projo Riau dalam mengejar target vaksinasi ini terus merangkul beberapa elemen seperti Gapki sebagai fasilisator tempat dan Korem 031/ Wira Bima sebagai penyedia Vaksin.

"Kegiatan Vaksinasi ini sendiri sebagai dukungan atas program Presiden Jokowi dalam mempercepat Herd Imunity bagi masyarakat khususnya Suku Sakai dan Warga Perkebunan dan Desa desa produktif,"  kata Sonny Silaban.

Dalam acara ini, tamu undangan disuguhkan dengan aksi tarian Suku Sakai dibawah binaan Yayasan Sakai Ketua Yayasan Sakai Yuzair dan Tarian  Sekapur Sirih terlihat  Ketua Yuzair memberikan karikatur kepada Brigjen TNI M. Syech Ismed, SE, M. Han dan Husni Merza. 

Sekretaris Projo Riau Nata Hedy Nyo, mengatakan kemungkinan besar 5.000 vaksin untuk acara ini tidak cukup dan harapan besar nantinya ada tambahan vaksinnya lagi untuk acara 2 hari ini. 

Dan selain di sini  hari ini ada 2 tempat lagi di Kampar Desa Siabu dan di Desa Kiyab Jaya  Pelalawan dan sudah tahap ke tiga Projo Riau dengan Gapki Riau bekerjasama.

Selanjutnya,  Danrem bersama tamu undangan berkesempatan memberikan bantuan Sembako secara simbolis  kepada perwakilan warga Suku Sakai Sam Sam. **Prc7

 
Top