Pekanbaru, antanews.
 Upacara Perayaan Ulang Tahun Dewa Kim Guan Sue di Yayasan Panglima Empat Bersaudara di Jalan Pemuda Ujung Gang. Kurnia II Nomor 5 Kelurahan Tampan Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru, dilaksanakan dengan sederhana karena masih pandemi.

Dikatakan Ketua Pembina Yayasan Panglima Empat Bersaudara Klenteng Dewa Kim Guan Sue, Joni yang juga sebagai Tatung di klenteng ini, Pada acara perayaan ulang tahun Dewa Kim Guan Sue di tanggal imlek pue gek cap lak yang tahun ini dilaksanakan pada tanggal 21 dan 22 di bulan September 2021, biasanya dilaksanakan ibadah oleh umat secara bersama-sama pada malam hari dimulai pukul 19.00 WIB sampai di atas jam 24.00 WIB.

Kini, karena pandemi dan masih suasana PPKM acara dilaksanakan dengan sederhana tetap melaksanakan Prokes Kesehatan 3M : Mencuci tangan, memakai Masker dan menghindari kerumunan.

Dikatakan Joni, sebelum masuk Pandemi tahun lalu, Perayaan ulang tahun Dewa Kim Guan Sue dilaksanakan lebih meriah, dengan menggelar Baksos sembako, dan umat yang sembahyang juga datang dari berbagai kalangan dari luar kota Pekanbaru.

"Kami Pengurus Yayasan pada tahun-tahun sebelumnya, disaat sebelum Pandemi selalu merayakan hari ulang tahun Dewa Kim Guan Sue dengan suka cita dan berbagi kebahagian dengan memberi bantuan sembako kepada umat dan juga warga sekitar," sebut Joni.

Sementara Sekertaris Yayasan Panglima Empat Bersaudara Klenteng Kim Guan Sue, Nata Hedy Nyo SE MH mengatakan meski dalam suasana Pandemi, persembahan tetap dilakukan secara maksimal dan ada juga acara pengobatan secara spritual.

Pihaknya menyediakan banyak paket persembahan pada acara tersebut, antara lain adalah aneka kue, air mineral juga aneka buah-buahan yang warnanya melambangkan bumi, air, api seperti halnya buah-buahan. Semua persembahan terlihat disajikan di altar patung Dewa Kim Guan Sue.

"Ya, disaat pandemi ini, kami merayakan ulang tahun Dewa Kim Guan Sue tahun ini dengan sederhana dan mematuhi prokes kesehatan sesuai anjuran pemerintah," ujar Nata Hedy.

Nata berharap di Ulang Tahun Dewa Kim Guan Sue tahun ini, kita berdoa agar Kesehatan pulih, ekonomi Bangkit, Indonesia Jaya.

Acara Ulang Tahun Dewa Kim Guan Sue ini selain dihadiri seluruh pengurus Yayasan diantaranya Ketua Yayasan Panglima Empat Bersaudara Rudi, Bendahara Yayasan Juniarti, Ruslan juga terlihat hadir sekertaris Matakin Riau, Jayus.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia Provinsi Riau atau MATAKIN Riau memberikan surat tanda terdaftar sebagai naungan tempat ibadah agama Khonghucu  diwilayah Provinsi Riau di Kota Pekanbaru kepada Yayasan Panglima Empat Bersaudara (Klenteng  Dewa Kim Guan Sue),  pada Jumat 26 Februari 2021 lalu.

Surat Tanda Pendaftaran tersebut diserahkan ketua Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia Provinsi Riau Djalius SH melalui Sekertaris MATAKIN Riau Jayus SE kepada Ketua Pembina Yayasan Panglima Empat Bersaudara Joni.

Tempat ibadah Dewa Kim Guan Sue ini sudah berdiri sekitar 16 tahun lalu dan saat ini menjadi satu satu tempat ibadah Konghucu di Pekanbaru yang terdaftar di Matakin Riau. (Ferry Anthony).



 
Top