Bawan, Agam. Antanews.com - Ninik Mamak yang tergabung dalam Kerapatan Adat Nagari (KAN) Bawan. beserta rombongan menghadiri pesta pernikan putra dari salah seorang ninik mamak yang tergabung dalam KAN Bawan, " M.N. Dt. Majolelo Basa," di Dusun Bawan Tuo, Jorong Ps.Bawan, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam. Kamis (16/9). Siang.

Rombongan "Alek Basamo" ninik mamak tersebut melibatkan Pemerintah Kecamatan Ampek Nagari, Roza Syafdefianti, pada kesempatan itu diwakili Sekcam Ampek Nagari, Ketua Bamus Nagari Bawan Syamsudin. Walinagari Bawan Kamiruddin, jajaran Imam Khatib dan Tokoh Masyarakat. 
Ketua KAN Bawan, Adrian, Datuak Kando Marajo. Menyebutkan Kegiatan "Baralek Basamo" ini bukan yang pertama kali, akan tetapi ninik mamak yang tergabung dalam KAN Bawan selalu bersama pada kegiatan sosial maupun nagari. 

"Kami ninik mamak yang tergabung dalam KAN Bawan, akan selalu bersama, baik itu pesta pernikahan, maupun pesta lainnya, kami akan selalu bersama dalam suka maupun duka. Ini salah satu bentuk kekompakan dan kesatuan kami selaku pengayom anak kemanakan.

Di kesempatan itu, Ninik mamak dan seluruh rombongan "alek basamo," menyampaikan ucapan selamat kepada kedua mempelai.

"Sejatinya pernikahan adalah lembaran baru kehidupan, kebahagiaan, kebersamaan, dan hal-hal baik lainnya yang menyertai."

Untuk itu kami mengucapkan selamat kepada Gustiar Agus, S.H.  (Putra dari engku M. Nur. Datuak Majolelo Basa. dan ibu Rosmely.)
dengan Muliati, S.Tp. (Putri dari, bapak Aminudin dan ibu Nurhayati.)

Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.
 “Mudah-mudahan Allah memberkahi, baik ketika senang atau susah dan selalu mengumpulkan keluarga pada kebaikan, semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, waramah.

Tampak, seluruh "Dubalang" ninik mamak yang tergabung dalam KAN Bawan, mendampingi Ninik Mamak pada kegiatan alek basamo tersebut,

"Dan kami ninik mamak, juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh "Dubalang" yang telah turut hadir dan mendampingi ninik mamak hingga acara selesai." Pungkasnya.

Nofriadi, Pnk. Tan Majolelo. Mengakui akan selalu mendampingi kegiatan ninik mamak sebagaimana "tupoksi" Dubalang.

"Kami seluruh Dubalang ninik mamak yang tergabung dalam KAN Bawan, akan selalu mengawal dan mendampingi kegiatan ninik mamak kami, baik kegiatan sosial maupun kegiatan bernagari, kami selaku Dubalang akan bekerja sesuai Tugas, Pokok, dan Fungsi kami selaku lembaga adat." Ucap Ketua Koordinator Dubalang.
Zainal Tanjung, Pusako Datuak Majokando, Kami dari sepangka (tuan rumah) mengucapakan terimakasih kepada Ninik mamak, beserta rombongan, pemerintah kecamatan, Bamus, Walinagari, Dubalang dan seluruh tamu undangan yang telah menyempatkan hadir di Acara Pernikahan anak kami.

"Kami juga mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan kami dalam perhelatan ini, mungkin angku ninik mamak bundo kanduang, baik pun unsur pemerintahan, umumnya seluruh tamu undangan yang mungkin tidak terjamu, ataupun cara pelayanan kami yang kurang tepat, maka dari itu dengan segala kerandahan hati kami mohon maaf yang sebesar besarnya." Pintanya.
(Yonrizal Jambak)

 
Top