Bukittinggi, Antanews.com- Kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu & Pemusik Republik Indonesia / DPC PAPPRI Kota Bukittinggi, Masa Bhakti 2021 - 2026 resmi dikukuhkan Jum'at (25/6).

Acara Peresmian yang berlangsung di Aula Balai Kota Bukittinggi, selain dihadiri oleh Ketua DPD PAPPRI Sumbar, Husin Daruhan, SH.M.Si. serta jajarannya, acara tersebut juga dihadiri oleh pengurus DPC PAPPRi Kabupaten Agam, yang baru saja terbentuk beberapa waktu yang lalu, diantaranya, Ketua terpilih, Adrian Jambak, Datuak Kando Marajo, Imelda Ozora. Selaku Sekretaris terpilih, Bendahara Yetty Jafisma. dan seniman senior Ranah Minang, Sexri Budiman dan Imran Boer 
Kepengurusan DPC PAPPRI Kota Bukittinggi, yang berjumlah 61 orang tersebut langsung dilantik dan dikukuhkan oleh Walikota Bukittinggi, Erman Safar. SH. Diantaranya
Ketua : Yon Hendri.,S.Sn.M.Hum, yang juga  merupakan Dosen Musik ISI Padang Panjang, Sekretaris, Emil Anwar dan beberapa pengurus bidang-bidang dan Anggota.

Ketua DPD PAPPRI SUMBAR "Husin Daruhan, SH. M.Si" dalam sambutannya mengatakan, "Kita berharap dengan terbentuknya pengurus baru, kalangan seniman dapat bangkit dan berjaya, sama-sama kita ketahui, selama wabah "Covid-19." melanda negeri ini banyak kalangan seniman terdampak secara ekonomi, bahkan ada seniman hanya makan dengan sepotong bakwan dan tidak bisa membeli susu buat anaknya,"  tuturnya.

"Dulu banyak seniman Ranah Minang, ini yang karyanya disukai oleh pecinta musik di nusantara, seperti pencipta Lagu Minang, "Alm. Syahrul Tarun Yusuf," Masrul Mamoedja, Asbon dan Nuskan Syarif.
Demikian juga penyanyi Minang Seperti  Zalmon, Tiar Ramon, Elly Kasim, Lily Syarif, para seniman Ranah Minang ini telah banyak melahirkan mahakarya dan mengharumkan nama bangsa ini." ulasnya.

Namun sekarang royaltinya dijual keluar dan dikuasai oleh pihak lain, kondisi ini sangat menyedihkan, dan diharapkan nantinya DPC PAPPRI Bukittinggi, dapat bersinergi dengan Pemko Bukittinggi, Manjapuik nan tatingga (menyatukan/bersatu) dalam hal menghadapi persoalan-persoalan insan "Seni" di ranah Minang ini. Tutupnya.

Walikota Bukittinggi, Erman Safar, SH. usai melantik kepengurusan DPC PAPPRI Kota Bukittinggi, dalam sambutannya menyampaikan, "Jika ingin mengenali banyak seni datanglah ke Kota Bukittinggi."

Dijelaskan, Program kerja Pemkot Bukittinggi, pada tahun 2022 banyak yang bersentuhan dengan musik, terutama musik tradisi Minangkabau, salah satunya dalam sajian kuliner harus ada diiringi sentuhan musik kepada pengunjung, dan juga pihaknya menganggarkan Sepuluh (10)  milyar rupiah, di bidang Pariwisata.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Erman Safar, juga mengajak PAPPRI Kota Bukittinggi, ikut serta dalam perencanaan program memajukan pariwisata di kota bukittinggi, (Yj)
 
Top