Paninjauan, antanews. Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Kapolda Sumbar) Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH beserta istri Ny. Yesika Toni mendapatkan penghargaan oleh Niniak Mamak Nan Salapan Puluah Nagari Paninjauan Kec. X Koto Kabupaten Tanah Datar. 

Tuanku Rajo Sinaro Basa dan Rangkayo Siti Aminah
Penghargaan tersebut berupa gala (gelar), dimana Irjen Pol Toni Harmanto dilewakan gala "Tuanku Rajo Sinaro Basa", sedang istrinya "Rangkayo Siti Aminah". Prosesi malewakan Gala Sangsako ini dilaksanakan di GOR Nagari Paninjauan Kec. X Koto, Senin (28/6).
Pemberian gelar ini, merupakan  penghargaan atas jasa-jasa Kapolda sebagai seorang pemimpin masyarakat, atas perhatian terhadap keamanan dan kenyamanan masyarakat umumnya Sumatera Barat, khususnya Nagari Paninjauan Tanah Datar.
Prosesi malewakan gala ini adalah salah satu bentuk Kelestarian Adat Istiadat Nagari Paninjauan (Minangkabau), yang melambangkan musyawarah dan mufakat Ninik Mamak Urang Nan Salapan Puluah Nagari Paninjauan. 
Dalam mengambil sebuah keputusan penting, dengan melalui musyawarah dan mempertimbangkan dengan secara bersama sama. Ibarat pepatah "Bulek lah buliah di golongkan, Picak lah buliah di layangkan".
Gala Sangsako ini adalah gelar penghormatan dari kaum Paninjauan, kepada seseorang yang telah dinilai sangat bijaksana dalam bersikap.
Sekretaris Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Paninjuan, Zulfahmi Dt, Sampono Katik, sebagai salah satu pengurus KAN di Nagari Paninjauan menerangkan, gelar ini "dijunjungkan" kepada Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, dikarenakan selama pelaksanaan tugasnya mereka menilai Toni Harmanto sangat berjasa kepada masyarakat.
"Beliau sangat peduli terhadap masyarakatnya, serta adil dalam menegakkan hukum yang berlaku. Serta memberikan contoh teladan yang baik kepada masyarakat Sumatera Barat," katanya.
Dikatakan, 'Gala Sangsako" yang diberikan kepada Irjen Pol Toni Harmanto beserta istrinya, memiliki makna yang tinggi. 
"Gelar Tuanku Rajo Sinaro memiliki arti seorang raja atau pemimpin yang selalu bercahaya dan bersinar, berjiwa besar. Sedangkan Siti Aminah yang bermakna memiki sifat kemuliaaan dan kesantunan layaknya ibunda Nabi Muhammad SAW sebagai contoh yang sangat baik bagi masyarakatnya," pungkasnya. 
Mengawali karirnya sebagai Kapolda di Sumatera Barat, Irjen Toni Harmanto serta merta telah memberikan kepastian hukum terhadap hak-hak mendasar ribuan warga di Kota Padang.
Sebagaimana diketahui, keseriusannya sebagai Kapolda Sumatera Barat telah menumpas "mafia tanah" di Kota Padang merupakan sejarah yang sangat penting dan nyata-nyata adalah wujud kepemimpinan yang tegas serta sesuai harapan rakyat.
Sebab hanya pada masa kepemimpinan Irjen Toni Harmanto sebagai Kapolda, sengkarut tanah di Kota Padang dapat dituntaskan, Toni Harmanto hadir sebagai niniak mamak untuk memberikan rasa aman bagi ribuan penduduk di Kota Padang. (*)
 
Top