Padang, antanews.
Bantuan RTLH di Kelurahan Tabing Banda Gadang diduga tidak sesuai spesifikasi tekhnis dan atau RAB.

Bantuan terhadap masyarakat miskin ini kuat dugaan dimanfaatkan untuk memperkaya diri sendiri dan golongan.

Lurah Tabiang Banda Gadang Yuharmilis S.Pt saat bersama Lely Sihombing

Ironis, meski diduga ada item pekerjaan yang tidak dilaksanakan namun Dinas DPRKPP Kota Padang disebut telah melaksanakan PHO pada Desember 2022 lalu.

Raf Indria, Kepala Dinas DPRKPP Kota Padang dengan tegas mengatakan mengatakan nanti akan nampak kalau ada pemeriksaan.

Setelah diperiksa rekanan (CV. Giunayla Putri Sheza) akan  mengembalikan uang jika ada temuan demikian sebut Raf Indria. 

Ironis, dugaan  korupsi RTLH  seret sejumlah jabatan di Kecamatan Nanggalo sebagaimana diungkap oleh salah seorang penerima bantuan.

Penerima bantuan mengungkapkan bahwa ia tidak akan menerima sebanyak 50 juta, sebab camat, lurah, RW juga akan "dibagi".

Ungkapan penerima bantuan tersebut menurutnya disampaikan oleh salah seorang pelaksana pembangunan rumah bantuan.

Ditemui di Kantor Camat Nanggalo, Yuharmilis S.Pt  Lurah Tabiang Banda Gadang mengatakan ia tidak pernah menerima apapun dari pekerjaan RTLH tersebut.

Saya akan panggil warga dan fasilitator secara bersamaan untuk menjelaskan permasalahan yang telah menimbulkan polemik ini.

Pada kesempatan tersebut Lely Sihombing membuat rekaman pernyataan, bahwa ia tidak pernah mengutarakan sebagaimana yang diungkapkan warga tersebut.

Sementara itu Camat Nanggalo Magdalena belum bisa ditemui karena sedang menjalani cuti.

Terkait polemik RTLH ini dibutuhkan peran aktif Aparat Penegak Hukum untuk mengusut sampai tuntas.

Mahdiyal SH salah seorang aktifis anti korupsi mengatakan, "disebabkan selain diduga telah terjadi unsur korupsi juga telah mencemarkan nama baik sejumlah jabatan di Kecamatan Nanggalo".

Berkaitan dengan adanya dua kasus hukum secara bersamaan yaitu dugaan korupsi dan pencemaran nama baik, baiknya polemik ini ditangani oleh Jajaran Polresta Padang, sebut Mahdiyal.




 
Top