Sekda Inhu H. Hendrizal. M.Si memberikan arahan pada Sosialisasi Hasil Penyusunan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan
 
Rengat, antanews.
Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indragiri Hulu menggelar Sosialisasi Hasil Penyusunan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (Food Security and Vulnerability Atias/ FSFA) Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2022.

Sosialisasi tersebut dipusatkan di Rafana Syariah Hotel Pematang Reba, Kamis (24/11/2022) dengan peserta yang berjumlah 30 orang dari Camat dan kepala Dinas/Badan se Kabupaten Indragiri Hulu dan Narasumber Sapta Rahmawati dari Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau.

Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu, Ir. H. Hendrizal, M.Si dalam sambutannya mengatakan, mewujudkan ketahanan pangan tidak hanya bertujuan untuk mencapai status tahan pangan saja, tetapi juga untuk memperkecil risiko terjadinya kerawanan pangan.

Selanjutnya Sekda Inhu mengatakan jika dalam suatu negara terjadi kerawanan pangan, maka kestabilan ekonomi, politik dan sosial akan terguncang.

"Membangun sistem ketahanan pangan yang kokoh merupakan syarat mutlak bagi pembangunan nasional," katanya  

Dalam sambutannya itu, Sekda Hendrizal juga mengatakan ketersedian informasi dan data yang tepat akan memudahkan dalam menetapkan prioritas intervensi program. 

Sekda menginformasikan pada saat ini di Kab. Inhu lahan sawah yang lebih kurang 4.000 ha pada saat ini hasil data yang terakhir lebih kurang 1800 ha karena telah menjadi alih fungsi lahan dan aturan yang ada sudah tidak boleh mengalihfungsikan lahan, namun di Kabupaten Inhu penerapannya masih kecil.

Terakhir Hendrizal menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada yang telah berkontribusi dan mendukung penyusunan FSVA.

"Saya berharap kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan Inhu Isnidar agar setelah kegiatan tersebut dapat memberikan laporannya kepada Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi dan membuat peta daerah-daerah yang rawan pangan," ungkapnya.

Selesai penyampaian kata sambutan, Sekda Inhu melakukan Penyerahan Sertifikat Produk Prima 3 Penggunaan Residu Pestisida dibawah ambang batas Pangan Segar Asal Tumbuhan secara simbolis  kepada Kelompok Tani Karya Makmur Kelurahan Air Molek 1 Kec. Pasir Penyu. (Yandra)



 
Top