Rengat, antanews.
Wakil Bupati Indragiri Hulu, Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si pimpin Rapat Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Belanja APBD per 30 September 2022 (Triwulan III) yang digelar di Aula Bappeda Kabupaten Indragiri Hulu, Rabu (12/10/2022).

Dalam rapat tersebut Wabup Inhu didampingi Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Inhu, Dra. Hj. Erlina Wahyuningsih, M. IP, Plt. Kepala BPKAD Kab Inhu. Rosdiantoro dan Kepala Bappeda Kab Inhu Bobby M.

Dihadapan Wabup Inhu, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab Inhu, Sukarjo,S. Si., M. Si, memaparkan laporan pelaksanaan evaluasi anggaran APBD Kabupaten Inhu per 30 September 2022 (Triwulan III). 

Berdasarkan hasil dari rekapitulasi laporan realisasi fisik dan keuangan yang telah dilaporkan perangkat daerah bahwa pelaksanaan kegiatan belanja APBD Kabupaten Inhu tahun 2022 per 30 September 2022 mencapai target, 80.95 %, Realisasi Fisik 64.11% dan  Realisasi keuangan 60.26%.

OPD Kab Inhu dengan kemajuan fisik tertinggi adalah Disporapar  Inhu (Fisik,79.19 % dan Keuangan 78.15%), yang terendah yaitu Dinas PUPR ( Fisik,34.17% dan Keuangan, 31.80%)

Sedangkan untuk kecamatan dengan kemajuan fisik tertinggi yaitu Kecamatan Rengat, Batang Peranap, Lirik, Pasir Penyu dan Kuala Cenaku. 

Kemajuan fisik terendah Kecamatan Rakit Kulim, Lubuk Batu Jaya, Kelayang, Seberida, Rengat Barat.

Sementara terkait realisasi fisik dan keuangan Dana Alokasi Khusus (DAK) per 30 September 2022 (Triwulan III), realisasi fisik 52.44% dan realisasi keuangan (SPJ) 47.27%. 

Realisasi fisik dan keuangan Bantuan Keuangan Provinsi, Fisik, 50.70%, Keuangan 50.70%. Realisasi fisik dan keuangan Tugas Pembantuan (TP), Fisik, 54.47% dan Keuangan 54.47%.

Menanggapi hal ini, Wakil Bupati Indragiri Hulu, Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si mengatakan bahwa untuk seluruh OPD yang realisasinya masih dibawah angka, untuk segera menindaklanjuti agar secepatnya bisa direalisasikan dan secepatnya permasalahan yang ada dapat cepat teratasi.

"Saya harap kepada kepala OPD  dapat segera mengambil langkah-langkah untuk menuntaskan pekerjaannya", ujar Junaidi

Wabup Junaidi juga  meminta kepada OPD untuk antisipasi dana transfer di Kabupaten Inhu, yang sebagian besar adalah dana desa dan ADD. (Rls/Yandra)

 
Top