Rengat, antanews.
  Workshop Sejarah Dan Perkembangan Tarian Adat Talang Mamak yang digelar oleh Kelompok Tari Pengrajin Talang Mamak Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat secara resmi dimulai.

Pembukaan Workshop tersebut dilakukan oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra, Evi Irma Junita, SKM. M.Si , Selasa (30/08/2022) di Hotel Miki Mutiara, Belilas, Kecamatan  Seberida.

"Manfaatkan kesempatan ini untuk wujud karya nyata terhadap Budaya Talang Mamak, selamat mengikuti workshop dan semoga tercapai tujuan yang telah ditetapkan" ujar Evi Irma Junita, SKM M.Si dalam sambutannya.

Bupati Inhu, menurut Evi Irma Junita, juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya acara workshop ini.

Bupati Rezita,mengatakan, Dalam era globalisasi ini diminta kepada masyarakat Indragiri Hulu untuk tetap mempertahankan budaya yang ada dan tidak terpengaruh  budaya yang datang dari luar termasuk mempertahankan Budaya Talang Mamak.

Sementara itu, Penser, Ketua Kelompok Tari Pengrajin Talang Mamak Desa Talang Jerinjing,Kec Rengat Barat,Kegiatan Workshop ini digelar selama 2 hari dimulai 30 Agustus 2022 hingga 31 Agustus 2022.

Sedangkan, peserta berasal dari tiga kebatinan Batin Adat Talang Mamak,Pemuda dan Pemudi Adat Talang Mamak, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Inhu, Organisasi Perhimpunan Pembela Masyarakat Adat Nusantara (PPMAN), Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Riau dan Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB) Batang Cenaku.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Sita Rohana dari Balai Pelestarian Nilai Budaya Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Republik Indonesia, Yarlisman Kabid Kebudayaan Diknasbud Inhu, Gilung, Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Perwakilan Kapolres Inhu, dari Balai TNBT dan Perwakilan Danramil Seberida, para batin-batin di beberapa Suku Talang Mamak.

Kegiatan ini juga  diisi dengan Penandatanganan Komitmen Bersama Menjaga dan Melestarikan Nudaya Kearipan Lokal Talang Mamak di Kabupaten Indragiri Hulu. (Gus)

 
Top