Bupati Pasaman H. Benny Utama saat meninjau Proyek Pengendalian Banjir Batang Sumpur

Pasaman, antanews.
Bupati Pasaman H. Benny Utama berkesempatan meninjau Proyek Pengendalian Banjir Batang Sumpur di Nagari Jambak, Kecamatan Lubuk Sikaping, yang didanai APBN melalui PPK Sungai dan Pantai I SNVT Provinsi Sumatera Barat tahun 2021.

Di lokasi Sumpur Jambak tampak aktifitas pekerjaan mulai menggeliat. Namun kepada pelaksana proyek ditegaskan bupati, agar betul-betul menjaga kualitas dan mutu pekerjaan. 

"Aliran Sungai Batang Sumpur tidak stabil, apalagi di saat musim hujan, jadi tolong dijaga betul mutu dan kualitasnya," tegas bupati kepada pelaksana PT. Bunda, yang mengerjakan proyek Batang Sumpur, Jambak.

Menurut pengawas Dinas PU Kabupaten Pasaman Ade Chanda, ST, bahwa physik pekerjaan proyek Pengendalian Banjir Batang Sumpur Jambak berupa Pembangunan Dam Beton Pengaman Bibir Sungai sepanjang 1.600 meter (kiri - kanan). 

"Pekerjaan dibagi dalam enam kelompok kerja, dengan rata-rata jumlah segmen sepanjang 100 meter," ujar Ade Chanda, sembari menyebut jika tidak ada kendala, proyek ini akan siap di akhir tahun 2021.

Tokoh masyarakat Nagari Jambak, Datuak Rangkayo Basa yang dijumpai di lokasi, menyatakan sangat mendukung dan berterima kasih atas terealisasinya proyek pengendalian banjir batang sumpur Nagari Jambak. 

Dia menyebutkan, daerah mereka tiap tahun senantiasa menanggung akibat dari luapan Batang Sumpur, yang merusak rumah dan lahan pertanian masyarakat Jambak.

"Sudah bertahun-tahun kami menunggu proyek ini, dan Alhamdulillah baru bisa terealisasi sekarang. Kami tidak ingin ada kendala selama pengerjaannya," harap ninik mamak Nagari Jambak.








 
Top