Ampek Nagari, Agam. Antanews.com.- Salah satu adab yang mulia dan menjadi hal yang bisa menghasilkan pahala, adalah menjenguk orang sakit . Karena menjenguk orang sakit merupakan salah satu ibadah ghairu mahdhah yang dianjurkan bagi umat muslim, karena dalam aktivitas ini terdapat keutamaan yang agung, serta pahala yang sangat besar, dan merupakan salah satu hak setiap muslim terhadap muslim lainnya.

Sebagaimana yang dilakukan Ninik mamak yang tergabung dalam Kerapatan Adat Nagari (KAN) Bawan, bersama Jajaran Pengurus Plasma Ulayat Ninik mamak nagari Bawan (PPUNB) membesuk sejumlah anak kemanakan yang sedang sakit, Senin (23/8).
Disebutan Ketua KAN Bawan, A.Dt.Kando Marajo. Kunjungan kerumah sanak kemanakan kali ini tidak hanya yang terpapar covid-19 saja, rombongan yang melibatkan sejumlah sako dan pusako itu, juga membesuk anak kemanakan yang tengah menjalani perawatan.

Hari ini ada tiga Orang yang kita besuk, Satu orang di RSUD Lubuk Basung, dan dua orang lagi kita besuk di rumah kediamanya masing-masing, diantaranya, Edi Syahrial, di Dusun Pancang Basi IV. dan
Yustenwir, di Nagari Sitanang. Ungkapnya.
Kita berharap, kehadiran kita ini dapat membangkitkan kembali semangat saudara atau sanak kemanakan kita yang lagi sakit ini, dan semoga mereka lekas sembuh dan kembali dapat beraktivitas seperti biasa. Harapnya.

Kunjungan ninik mamak beserta pengurus PPUNB disambut haru oleh pihak keluarga beserta tetangga, Hal ini di ungkapkan salah seorang Tokoh Masyarakat nagari Bawan, yang turut hadir bersama rombongan tersebut.
Kehadiran ninik mamak dan rombongan kerumah sanak kemanakan, dalam rangka menjenguk anak kemanakan yang sakit ini, menjadi suatu rasa kepedulian terhadap kami sesama anak kemanakan ninik mamak nagari Bawan, ucap Zainal Tanjung, (Pak Jorong)

Kami selaku anak kemanakan ninik mamak yang tergabung dalam Kerapatan Adat Nagari Bawan, mengucapkan Terimakasih kepada seluruh ninik mamak dan pengurus PPUNB yang telah meluangkan waktunya untuk menjenguk anak kemanakan. Semoga Allah SWT membalas Adab Mulia ninik mamak kami,. Aamiin,.. tutupnya.
Ungkapan yang sama juga disampaikan Ketua PPUNB "Yurnalis, M." Kita berdo'a semoga Allah SWT lekas memberikan kesembuhan kepada seluruh keluarga, sanak famili kita yang sedang menjalani masa perawatan, dan mudah-mudahan hadir kita dapat menjadi penawar kesembuhan dan membangkitkan kembali semangat mereka. Aamiin.
(Yj).
 
Top