Pemko Bukittinggi melalui Dinas Sosial dan Dirjen Pemberdayaan Sosial di lingkunagan Kementerian Sosial,melaksanakan Sosialisasi Persiapan Pembentukan PUSKESOS - SLRT

BUKITTINGGI, Antanews.com-Sosialisasi persiapan pembentukan PUSKESOS - SLRT tingkat Daerah yang dilaksanakan oleh Pemko Bukittinggi, Melalui Dinas Sosial Kota Bukittinggi, Kamis,(24/6).

Kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh, Walikota Bukittinggi, Erman Safar. SH, acara yang berlangsung di aula Kantor walikota Bukittinggi, diikuti Empat Puluh Satu (41) peserta yang terdiri dari, Manager Puskesos, Front Office dan Back Office, Supervisor dan Fasilitator. Dan juga sosialisasi ini mendatangkan pemateri dari kemensos Dirjen Pemberdayaan Sosial, Mirsal Gani.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Sosial Linda Feroza, SH, M.M. mengatakan, acara ini bertujuan untuk melakukan persiapan pembentukan "Pusat Kesejahteraan Sosial" (PUSKESOS) dan SLRT.  merupakan tempat yang berfungsi untuk melakukan kegiatan pelayanan Sosial bersama secara sinergis dan terpadu antara kelompok masyarakat dan komunitas yang ada di kelurahan, dalam penyelenggara kesejahteraan sosial.

Linda Feroza, juga menambahkan adapun SLRT adalah pusat Layanan yang membantu mengidentifikasi kebutuhan dan keluhan Fakir miskin dan orang tidak mampu termasuk pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS). SLRT juga melakukan Rujukan kepada pengelola Program dan layanan di berbagai jenjang dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan pusat dengan menggunakan sistem yang terintegrasi.
Saat kami manyambangi walikota, Erman Safar, mengatakan "Ada beberapa poin dalam melaksanakan kegiatan ini diantaranya:
1. SLRT ini kalau bisa menjadi SLRT Fatimah yaitu pelayanan SLRT yang lemah lembut kepada warga miskin.
2. Fasilitator harus sabar dalam mengahadapi warga miskin.
3. Dalam penerimaan bantuan pelayanan harus terintegrasi
4. Menggunakan SBH (Sistem Bukittinggi Hebat) SBH dapat digunakan untuk menghimpun data dengan menggunakan KBH Kartu Bukittinggi Hebat.
5. Melaksanakan Program pembinaan masyarakat seperti UMKM  untuk masyarakat miskin
6. Pengawasan penerima bantuan bebas dari nepotisme dan kepentingan kelompok tertentu."

Dengan adanya program ini pemerintah Kota Bukittinggi, sangat berterimakasih dan mengapresiasi adanya Program Pusat berupa SLRT Dan PUSKESOS di Kota Bukittinggi, untuk mengurangi ke kemiskinan dan mencapai kesejahteraan warga Kota Bukittinggi ujarnya mengakhiri. 
(M/Yj)
 
Top