"Insan seni kabupaten Agam patut berbangga hati, pasalnya, Rabu kemarin, Para seniman dari daerah yang berlambang Harimau duduk ini telah tergabung dalam sebuah wadah organisasi profesi pemusik Republik Indonesia, yang diakui di kancah internasional, organisasi tersebut yakni Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia, (PAPPRI)."

Lubuk Basung, Agam. Antanews.com - Pembentukan pengurus PAPPRI Cabang Kabupaten Agam tersebut, berlangsung di Cafe Karanggo Kota Lubuk Basung, Kabupaten Agam - Sumatera Barat, Rabu (2/6). kemarin,

Dalam acara tersebut hadir seluruh insan seniman dan pemusik Kabupaten Agam, baik seniman senior Kabupaten Agam, seperti Imran Boer, (Pencipta Lagu. "Talambek Pulang,") Jefri, A. (Pencipta Lagu "Basabalah Mandeh,") dan seniman-seniman muda Millenial lainnya, seperti pemain dan penyanyi orgen tunggal , Youtuber, Aranger, Pemilik Sanggar, maupun pengusaha industri musik yang ada di kabupaten agam.

 
Acara pembentukan pengurus Organisasi Music tertua di Indonesia,
di buka secara resmi oleh Kepala Bidang Seni Budaya, Dinas Pedidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam. “ Jupri, M.Pd. dan juga dihadiri oleh Yeni Rosanti, ST. Kasi. Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Agam, dalam sambutannya, Jupri Menyampaikan dukungannya kepada seluruh  pemusik dan pelaku seni di kabupaten agam, yang telah semangat mendirikan organisasi PAPPRI di kabupaten agam, 

“Pemda Agam sangat mendukung, organisasi PAPPRI yang telah terbentuk di kabupaten agam, karena dengan terbentuknya PAPPRI ini pemerintah akan lebih mudah dalam menjalankan program-program pengembangan seni yang kita rancang," ujar Kabid ini optimis.


Ketua Panitia pelaksana Musyawarah, yang juga selaku penerima mandat yang diberikan oleh DPD PAPPRI Sumatera Barat, “Adrian Jambak, Dt. Kando Marajo, dalam laporannya menyampaikan,.

"Sebelum pelaksanaaan musyawarah ini, kami selaku penerima mandat yang terdiri dari, Adrian Jambak, Edi Sultan, dan Yetty Jafisma, SP.d. terlebih dahulu melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah, terutama dengan Bidang Seni dan Budaya dan Dinas Pariwisata Kabupaten Agam, serta meminta petunjuk dan arahan dari seniman-seniman senior yang ada di kabupaten Agam, seperti Bapak Imran Boer dan Kakanda Jefri, A. selajutnya kita mendata para pelaku seni yang ada di kabupaten Agam, melalui WA Group, sehingga akhirnya kita dapat membentuk panitia dan bisa melaksanakan musyawarah pembentukan pengurus PAPPRI Cabang Kabupaten Agam ini,“ ujar Adrian Jambak yang juga pencipta lagu, "Hanyuik Indak Bapinteh" itu secara terbuka.

Selesai acara pembukaan, sekretaris panitia musyawarah, "Imelda. S.Pd. M.Pd.T. “  yang juga seorang Penulis Buku dan Lirik Lagu, ia menyerahkan pimpinan musyawarah kepada penerima mandat dan selanjutnya musyawarah pembentukan pengurus PAPPRI Kabupaten Agam, periode 2021 – 2026. dipimpin oleh Adrian Jambak, dan penerima mandat lainnya,  Musyawarah berjalan dengan alot dan demokratis, yang akhirnya menetapkan Adrian Jambak sebagai Ketua Terpilih yang akan menyusun kepengurusan bersama Tim Formatur yang dipih secara aklamasi, terdiri dari Adrian Jambak, ( Ketua terpilih ), Edi Sultan, Yetti Jafisma, Windra Purnama, Zulham Efendi, ( Bujang DJ ), Sudirman, dan Imelda Ozora.


Pada sesi terakhir Tim formatur mengumumkan Pengurus PAPPRI Kabupaten Agam, Periode 2021 yang terdiri dari : Dewan Pembina, Bupati Agam, Kapolres Agam, Dandim Agam, LKAAM Agam, Dewan Penasehat : Drs. Martias Wanto, MS.i. (Dt. Maruhun,) Zulhendri, (Dt. Bandaro Labiah,) Syafirman Azis, SH. Imran Boer, Ridwan Idma, Jefri, A, Edi Sultan, dan Elvia Roza. Pengurus harian terdiri dari Ketua. Adrian Jambak, (Dt. Kando Marajo,) Wakil Ketua. Zulham Efendi, ( Bujang Dj ), Sekretaris. Imelda. S.Pd. M.Pd.T. Wakil Sekretaris. Dafit Indra Putra, S.Pd, Bendahara. Yetty Jafisma. SP.d. Wakil Bendahara. Sudirman, serta Pengurus Bidang yang terdiri dari,  Biro Organisasi dan Keanggotaan. Yeni Rosanti. ST, Sutri Suhendri, Ola Turisna, Yun., Febridayanto, Riski Lisra Prima. Biro Program dan Produksi Musik, Andi Dharma, Hendri Masri, Sawaldi, Andri Chandra, Andi Loebas, Mutiara Sagitha. S.Sn. Biro Pengembangan Musik Tradisional dan Musik Daerah. Yudi Asrul Yeni, M.Sn, Rivaldo Afriandi, Kang Eben, Aries Chandra. Arif Eka Putra. S.Sn.  Biro Hubungan Industri Musik, Roni Eka Putra, Era Darwis, Pepa Kampis, Rega, Novita Dewi Tanjung, Shinta Putri, Ami Yunita. Biro Pendidikan dan Pelatihan. Handri Buana, Marisa Isman, Akmal Syarif, Syardi HS, Puti Ranit Jintan. Biro Hubungan Pemerintahan dan Kelembagaan, Windra Purnama, Ola Gracia, Sarbaini, An Mardian. Biro Humas dan Media, Fajar Andika Pratama, Anto Japank, Johan Utoyo, Mardion, (Yonrizal Jambak). Biro Teknologi dan Informatika, Fadli (Fai), Aznil , Weni Silvia, Wahyu Rilnanda. Irwan Jambak Biro Hukum. Edlermen, S.E, S.H, Vera Christian, S.H. Hutri Jambak, S.H. dan Biro Kerohanian dan Kesejahteraan Sosial, Asman Tanjung. Muhari Suhendra, Yulfiandi.

Pada kesempatan itu, Adrian Jambak, selaku ketua terpilih berjanji akan melanjutkan pendataan dan sosialisasi kepada seniman dan pemusik kabupaten Agam yang belum terdaftar, untuk ikut bergabung di PAPPRI kabupaten Agam. “Untuk beberapa hari kedepan kita akan lanjutkan sosialisasi dan pendataan seniman musik di Agam, dan akan mengajak mereka untuk bergabung bersama PAPPRI Agam, sebelum hasil musyawarah ini kita laporkan secara tertulis ke DPD Sumbar." ujar pemilik canal youtube, "Kando’s Channel" ini. (Mardion/Yj)

 
Top